Pusat Lantai kayu Jenis Kayu Lunak

3 Jenis Material Lantai Pinggir Kolam Renang Terbaik

Lantai Pinggir Kolam Renang – Terdapat beberapa parameter yang menjadi penentu estetika sebuah kolam renang, salah satunya adalah bagian lantai pinggir kolam renang. Selain bentuk dari kolam renang, lantai pinggiran kolam renang menjadi daya tarik utama tersendiri.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui material apa saja yang bisa dipakai untuk digunakan sebagai lantai pinggir kolam renang. Material-material tersebut nantinya bisa dijadikan pertimbangan sebelum dipilih material mana yang terbaik. Terdapat beberapa jenis material yang bisa Anda pertimbangkan.

Material-material tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah jenis dan penjelasan singkat mengenai material yang bisa dijadikan referensi Anda untuk lantai pinggiran kolam renang.

Tips Memilih Lantai Pinggir Kolam Renang

Pusat Lantai kayu Jenis Material Lantai Pinggir Kolam Renang

Setelah mengetahui material apa saja yang bisa digunakan sebagai lantai pinggiran kolam renang, simak tips memilih lantai kolam renang agar anda mendapatkan pinggiran kolam yang indah, nyaman, aman dan tentunya dengan hasil yang maskimal:

1. Cari Lantai Anti Slip

Selain memperhitungkan keindahan, lantai pinggiran kolam renang juga harus aman. Material yang digunakan sebagai lantai pinggiran kolam renang harus anti slip karena kolam renang identik dengan air dan air bersifat licin.

Karena hal ini, material keramik sebagai pinggiran kolam renang kurang baik atau kurang aman. Anda bisa memilih alternatif lain yang lebih aman seperti kayu ulin atau batu alam.

2. Tahan Air

Lantai pinggir kolam renang harus tahan air agar lebih menghemat dari segi perawatan. Selain itu, harus tahan air agar menambah keamanan.

Berhubungan dengan itu, kayu adalah material yang sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai material lantai pinggiran kayu karena.

Selain memenuhi syarat tahan air dan aman, kayu juga bisa menghadirkan tampilan pinggiran kolam renang dengan berbagai jenis bentuk, motif, dan warna.

3. Tahan Terhadap Sinar Matahari

Material yang mampu tahan terhadap sinar matahari langsung adalah kayu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa jenis kayu yang bisa digunakan sebagai lantai pinggir kolam kayu, yakni kayu ulin, bengkirai, dan keruing.

Jenis-jenis kayu tersebut memenuhi syarat untuk ditempatkan dengan kondisi terkena sinar matahari langsung. tentunya, dengan kayu dengan sinar matahari berlebih akan membuat produk menjadi melengkung.

4. Nilai Estetika

Suasana yang natural dan estetik dalam hunian adalah impian semua orang. Oleh karena itu Anda harus menghadirkan keindahan ini melalui penggunaan material di lantai pinggir kolam renang.

Untuk mewujudkannya, terdapat alternatif yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan material kayu sebagai eksterior halaman termasuk untuk lantai pinggir kolam renang.

Sudah menjadi material favorit semua orang, selain sifatnya yang tahan terhadap cuaca, kayu juga bisa mempercantik hunian, dan mudah dipadu-padankan agar selaras dengan media apapun itu seperti corak batu alam, marmer, warna cat, tumbuhan, dan lain-lain.

Baca juga : Tips memilih lantai parket kayu

Rekomendasi Lantai Untuk Pinggir Kolam Renang

Dari penjelasan di atas, berikut ini adalah material-material yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan material lantai pinggir kolam renang.

Apa saja material lantai tersebut? Mari kita simak dibawah ini;

1. Lantai Semen

Pusat Lantai kayu Pooldeck bermotif Kayu

Pada pilihan pertama, lantai semen ini sangat baik untuk deck samping kolam renang. Alasannya tak lain dan tak bukan karena biaya yang digunakan untuk membuat lantai dari semen ini lebih terjangkau daripada material lantai yang lainnya.

Terlebih lagi, material ini memiliki sifat pijakan yang bertekstur, jadi anda tidak perlu khawatir untuk hal licin pada lantai semen. Jika anda memiliki rumah yang berkonsep industrial minimalis, lantai semen juga menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan. Mengingat tema industrial minimalis ini sangat cocok dengan warna dan tone dari lantai semen yang netral.

Baca juga : Rekomendasi 5 jenis lantai outdoor

2. Batu Alam

Pusat Lantai kayu Pooldeck bermotif Kayu 2

Yang kedua yaitu lantai dari Batu Alam, sebuah material yang cukup populer untuk dijadikan lantai samping kolam renang. Memang tak dapat dipungkiri bahwa lantai dari batu alam ini memiliki permukaan yang bagus, tidak licin dan tentunya nilai estetika yang dimiliki juga cukup tinggi.

Maka tak heran jika sebagian besar orang menggunakan material ini untuk lantai pinggir kolam renang mereka. Berbicara tentang ketahanan, tentu saja material batu alam ini sangat kuat, karena memang terbuat dari bahan alam yang terbaik.

Kesan natural pun akan  anda dapatkan ketika menggunakan material ini, membuat area kolam renang anda sejuk dan alami.

3. Lantai Kayu Asli Outdoor

Pusat Lantai kayu 4

Yang terakhir merupakan rekomendasi yang sangat dianjurkan untuk anda, yaitu Lantai Kayu Solid. Kini semakin hari material satu ini semakin populer karena kelebihan yang ia tawarkan sangat beragam.

Dimulai dari tampilan yang anda dapatkan dari lantai kayu asli ini sangat menawan dan juga elegan. Decking Kayu, nama lain dari lantai kayu outdoor ini menggunakan jenis kayu yang berbeda dengan parket kayu, karena tentu sifat yang dibutuhkan pun berbeda.

Jenis kayu yang sering digunakan untuk decking outdoor ini adalah kayu Ulin, kayu Merbau, kayu keruing dan kayu Bengkirai. Anda bisa memilih jenis kayu yang anda inginkan mulai dari kayu ulin yang sangat baik dengan harga yang cukup tinggi, ataupun jenis kayu menawan lainnya yang tak kalah bagus seperti merbau atau bengkirai dengan harga yang cukup terjangkau.

Jika anda bertanya tentang kualitas lantai kayu outdoor, decking kayu ini memiliki sifat yang tahan terhadap cuaca, tahan air, dan tentunya tidak licin, Jadi sangat aman untuk anda.

Baca juga : Jenis-jenis kayu terbaik untuk deck kolam

Demikianlah pembahasan kita tentang lantai untuk pinggir kolam renang. Semoga dapat membantu anda dalam memilih material lantai yang paling terbaik dan juga cocok dengan rumah kesayangan anda.

Tanya Ahli Lantai Kayu
Scroll to Top