Pusat Lantai kayu Harga Lambersering Kayu untuk Hiasan Plafon Dinding Rumah

4 Jenis Lantai Lapangan Futsal Indoor Beserta Harga & Ukuran

Lantai Lapangan Futsal – Futsal adalah sebuah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, dengan masing-masing tim beranggotakan 5 orang.

Caranya tergolong mudah, tujuannya kita harus memasukan bola ke gawang lawan dan mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan memanipulasi bola pakai kaki. Setiap regu/team diperbolehkan memiliki pemain cadangan sebagai pengganti.

Dalam sejarah mencatat, futsal ini dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930.

Pada umumnya, ukuran lapangan futsal panjangnya bisa mencapai 25-42 meter dengan ukuran lebar sekitar 15-25 meter.

Sementara ukuran lapangan futsal Internasional lebarnya mencapai 18-25 dengan ukuran panjang lapang sekitar 38-42 meter.

jenis-jenis lantai lapangan futsal

Bagi kalian yang berencana membangun sebuah arena lapangan futsal indoor, salah satu hal yang perlu diperhatikan dan pertimbangkan yaitu perihal material lantai.

Lantai futsal ini sedikit berbeda dengan lantai lapangan lainnya, bahkan cenderung tidak sama dengan penggunaan material lantai untuk hunian. Selain itu, tidak banyak jenis lantai yang bisa diterapkan sebagai penutup lantai di lapangan futsal indoor.

Rekomendasi lantai terbaik untuk lapangan futsal

Terdapat beragam jenis lantai yang tersedia dipasaran, namun untuk lantai futsal saat ini hanya ada tiga jenis saja diantaranya :

  • Lantai interlock
  • Lantai vinyl
  • Rumput sintetis
  • Lantai kayu parquet

Ketiga jenis lantai diatas ini sudah banyak dipergunakan pada lapangan futsal, selain harganya murah namun dari segi kualitas dan tampilannya cukup bagus.

Baca juga : 5 Jenis lantai untuk lapangan squash

1. Lantai interlock

Salah satu lantai futsal yang kerap kali dipakai yakni jenis lantai interlock. Karena material interlock sendiri cukup kuat dan awet sebab terbuat dari bahan Polypropylene sejenis lapisan plastik yang lebih kuat dari vinyl.

lantai interlock lapangan futsal

Selain itu, lantai interlock juga mudah dalam hal pemasangan. Cara pemasangan lantai interlock hampir serupa dengan cara memasang keramik yakni menggunakan sistem knock down, sehingga mudah dibongkar pasang pula.

Pada umumnya, ukuran lantai interlock ini berdiamensi 25cm x 25cm x 1,2cm. Tersedia juga varian warna atau motif yang bisa menyesuaikan dengan konsep lapangan futsal, terdapat warna terang, gelap hingga netral.

Segi keamanan untuk lapangan futsal merupakan hal yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan, material lantai interlock bisa menjadi pilihan karena permukaan lunak dan terkesan halus.

Namun harga lantai interlock lapangan futsal saat ini masih tergolong mahal, bila dibandingkan dengan jenis lantai futsal lainnya. Meskipun harganya cukup tinggi tetapi sebanding dengan kualitas dan tampilannya.

Baca juga : Jenis Lantai Terbaik Untuk Lapangan Basket

2. Lantai vinyl

Selain interlock, terdapat salah satu jenis lantai futsal yang cukup banyak dipakai sebagai alternatif pilihan yaitu lantai vinyl. Biasanya lantai sintetis ini digunakan didalam hunian, namun bisa juga dimanfaatkan sebagai lantai futsal indoor yang keren.

alternatif lantai lapangan futsal indoor yaitu vinyl

Lantai vinyl sendiri terbuat dari bahan PVC (Poli Vinyl Chloride) bahan material ini umumnya suka dipergunakan untuk membuat pipa peralon, sehingga tidak mengherankan jika lantai vinyl tampil dengan tesktur yang fleksibel dan elastis.

Walaupun terkesan lentur, namun dari segi kualitas lantai vinyl ini cukup bisa diandalkan. Baik dari tingkat keawetan maupun ketahanannya. Tahan kelembaban, kuat dan dapat bertahan lama.

Harga lantai vinyl per meter umunya tergolong murah yakni sekitar 200 ribuan dengan berbagai variasi motif permukaan yang bisa dijadikan pilihan seperti stiker vinyl, motif kayu dan sejenisnya.

Artikel terkait :

3. Lantai rumput sintetis

Penggunaan rumput sintetis pada lapangan futsal masih tergolong jarang, tidak semua lapangan futsal memakai rumput sintetis sebagai penutup lantai yang ideal.

rumput sintetis adalah lantai lapangan futsal modern

Namun agar nuasanya lebih terasa natural dan berkesan seperti bermain sepak bola asli, lantai rumput sintetis ini bisa menjadi solusi yang tepat ketimbang material vinyl dan interlock.

Selain memberikan kenyamanan bagi para pemain/atlet, memakai rumput sintetis pada lapangan futsal outdoor maupun indoor mampu memberikan tampilan yang terkesan modern, natural dan bisa menarik banyak sewa lapang.

Akan tetapi dari segi harga, rumput sintetis ini terbilang cukup mahal. Namun dibalik itu semua terdapat kualitas dan kenyamanan yang berbeda dari lantai futsal lainnya.

Baca juga : Rekomendasi Lantai Untuk Lapangan Badminton

4. Lantai kayu solid parket

Lantai kayu tidak hanya untuk hunian, perkantoran dan lainnya. Namun lantai parket juga bisa dipergunakan sebagai pelapis lantai lapangan indoor seperti futsal, voli, badminton dan basket.

rekomendasi lantai kayu parket untuk lapangan futsal indoor

Lantai parquet ini terbuat dari kayu solid utuh seperti kayu jati dan kayu merbau, sehingga kualitas dari lantai ini sangat bagus bahkan diatas rata-rata baik dari segi keawetan, ketahanan maupun kenyamanannya.

Selain itu, tampilan dari lantai kayu solid ini begitu khas. Corak kayu yang ditampilkan mampu membuat suasana lapangan futsal terasa mewah, artistik dan unik. Berbeda hal nya dengan lantai vinyl motif kayu.

Keunggulan menggunakan lantai kayu parket solid pada lapangan futsal antara lain berkesan hangat dan empuk, sehingga dapat meminimalisir terjadinya resiko cedera fatal bagi para pemain.

Maka tak heran jika lantai kayu parquet sering dipakai untuk lapangan indoor basket dan badminton.

Baca juga : Harga Lantai Kayu

Bagaimana, dari keempat jenis lantai futsal diatas mana yang akan kalian gunakan?

Baca juga : Riview jenis lantai lapangan voli indoor

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai lantai lapangan futsal, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat ya. Cukup sekian dan terimakasih.

Tanya Ahli Lantai Kayu
Scroll to Top