jenis-jenis lantai lapangan voli paling rekomendasi

Riview Material Lantai Lapangan Voli Yang Bagus!

Jenis Lantai Lapangan Voli – Hobi bermain voli? permainan bola yang satu ini cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan, teknik yang digunakan antara lain smash, servis, passing dan blocking dengan team beranggotakan enam orang.

Biasanya permainan bola voli ini dimainkan pada arena lapangan olahraga indoor maupun outdoor, dengan ukuran panjang lapangan sekitar 18 meter dan ukuran lebar mencapai 9 meter. Sehingga total ukuran lapangan voli keseluruhan 162 meter persegi.

Lapangan voli ini memerlukan material lantai yang mumpuni, kokoh, awet dan setidaknya mempunyai tampilan yang mencerminkan olahraga voli.

Rekomendasi lantai lapangan voli indoor

Terdapat beberapa jenis material lantai yang tepat untuk diterapkan ke dalam area lapangan voli, selain kuat menahan guncangan dan tidak mudah rusak namun juga dari segi harga relatif terjangkau.

Jenis lantai/karpet yang cocok untuk lapangan voli :

1. Lantai vinyl

Lantai vinyl merupakan jenis lantai serbaguna yang tidak hanya dipakai untuk lapangan voli saja, melainkan lantai sintetis ini tak jarang dipergunakan di dalam area lapang badminton dan sebagai karpet lapangan futsal.

inspirasi lapang voli indoor pakai lantai vinyl

Jenis lantai sintetis yang satu ini terbuat dari bahan PVC (Poli Vinyl Chloride), bahan tersebut dapat membuat lantai vinyl terkesan empuk dan sifatnya elastis/fleksibel.

Meskipun berkesan lentur, namun vinyl ini tidak licin, tahan rayap dan tidak mudah rusak.

Selain itu, terdapat beragam motif lantai vinyl yang bisa dijadikan pertimbangan untuk disesuaikan dengan desain lapang voli. Harga lantai vinyl lapangan voli juga tergolong ekonomis.

Sehingga tak heran jika lantai sintetis vinyl ini banyak dipakai untuk memenuhi kebutuhan sebagai penutup lantai lapangan indoor.

Baca juga: Rekomendasi 3 jenis material lantai lapangan badminton!

2. Lantai interlock

Selain lantai vinyl, terdapat salah satu karpet lapangan voli yang banyak dicari yakni interlock. Jenis lantai yang satu ini terbuat dari bahan Polypropylene sejenis pastik yang konon kabarnya lebih kuat dari vinyl.

jenis lantai karpet interlock untuk lapangan voli

Kenapa disebut interlock? karena cara pemasangan karpet ini dilakukan dengan cara saling mengunci, seperti pada flooring parket atau lantai kayu dengan sistem pengunci T&G.

Lantai interlock sendiri memang sifatnya agak kaku, namun karpet lapangan voli ini cukup kuat dan tahan lama bahkan bisa bertahan hingga 7-8 tahun kedepan.

Jika ingin memasang lantai interlock dengan mudah, pastikan permukaan lantai dasar yang akan diterapkan karpet interlock sudah rata alias tidak bergelombang.

Dari segi harga, karpet interlock untuk lapangan voli ini masih terbilang cukup mahal. Hampir sebanding dengan harga vinyl.

Meskipun begitu, karpet interlock ini cukup bisa diandalkan sebagai pelapis lapangan voli indoor yang kekinian dan terlihat keren.

Baca juga : Jenis Lantai Untuk Lapangan Futsal

3. Cat flexi pave

Jika sebelumnya karpet lapangan voli terbuat dari bahan dasar karet, seperti vinyl dan interlock. Nah terdapat salah satu jenis karpet yang terbuat dari bahan silika, yakni flexi pave.

flexi pave cocok untuk lapang voli outdoor

Namun pada umumnya flexi pave ini cenderung lebih cocok dipakai untuk lapangan voli outdoor/ luar ruangan yang sudah beraspal atau beton.

Lapang voli yang sudah jadi nantinya akan dirapihkan terlebih dahulu, kemudian diberi cat flexi pave dengan varian warna yang beragam sesuai keinginan, prosesnya mudah dan harganya juga murah.

Dikarenakan flexi pave ini terbuat dari silika, tennokote dan pasir sehingga hasil akhir permukaannya akan berkesan kasar.

Namun meskipun begitu, jenis karpet lapangan voli ini cukup nyaman digunakan dan tidak susah ditemukan.

Baca juga : Jenis Lantai Untuk Lapangan Basket

4. Lantai kayu parket

Dan yang terakhir, jenis lantai lapangan voli indoor yang paling rekomendasi yaitu lantai parket kayu solid. Pelapis lantai lapangan dalam ruangan ini tentunya mempunyai kualitas yang bagus sebab terbuat dari kayu utuh hasil alam asli.

rekomendasi lapang voli indoor pakai lantai kayu parket

Dari segi keamanan, lantai parket ini tidak licin, berkesan hangat dan empuk sehingga dapat meminimalisir terjadinya resiko cedera fatal bagi para pemain atau atlet.

Selain itu, tampilan corak kayu pada lantai parket ini begitu mempesona dan sangat natural. Mampu membuat lapangan voli terlihat indah dan terkesan mewah.

Kualitasnya juga tidak main-main, diketahui bahwa lantai kayu solid mempunyai tingkat ketahanan dan keawetan yang cukup tinggi. Bahkan bisa bertahan hingga 10 tahun kedepan, tahan rayap dan kuat terhadap guncangan.

Namun sayangnya dari segi harga lantai kayu ini tergolong cukup mahal, per meter nya bisa mencapai 150-200 ribuan.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk memasang lantai kayu pada lapangan voli tentunya akan sangat besar.

Informasi Selengkapnya : Harga Lantai Kayu Solid

Sejarah singkat tentang olahraga voli

Siapa penemu cabang olahraga voli? Jawabannya adalah William George Morgan, beliau merupakan tokoh sekaligus instruktur olahraga yang berasal dari Amerika Serikat.

Pertama kali bola voli dimainkan pada tahun 1895-1896-an. Voli sendiri merupakan gabungan dari cabang olahraga lain seperti bisbol, tenis dan basket.

mengenal sejarah bola voli dan teknik dasar bermain

Pada awalnya permainan bola voli ini hanya dimainkan oleh orang-orang yang sudah tidak muda, namun seiring berjalannya waktu lambat laun bola voli ini mulai dimainkan oleh kaum-kaum muda pada lapangan indoor maupun outdoor.

Untuk sejarah voli di Indonesia sendiri, awal mulanya cabang olahraga ini dibawa masuk oleh Belanda pada saat penjajahan dan hanya kaum bangsawan yang diperbolehkan untuk memainkannya. Namun semakin kesini masyarakat Indonesia mulai tahu cara bermainnya dan mulai ikut.

Kini olahraga voli dinaungi oleh sebuah lembaga atau organisasi seperti FIVB (Federasi Internationale de volleyball) untuk skala international. Sedangkan di indonesia punya PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Semenjak adanya organisasi bola voli tersebut membuat cabang olahraga voli mempunyai sebuah kompetisi rutin setiap tahunnya yaitu proliga.

Baca juga: 5 Jenis lantai terbaik untuk lapangan squash

Cara bermain dan teknik dasar voli

Dengan adanya organisasi FIVB maka teknik dasar bermain bola voli atau aturan pun mulai muncul, nah di bawah ini terdapat beberapa teknik dasar bola voli yang wajid diketahui oleh para pemain/atlet :

  • Servis : Merupakan pukulan pertama untuk memulai permainan
  • Smash : Adalah gerakan memukul bola voli dengan cepat yang bertujuan untuk menyerang pertahanan lawan
  • Blocking : Menahan bola yang diluncurkan olah team lawan
  • Passing atas : Untuk mengambil bola atau memberikan umpan ke pemain/team
  • Passing bawah : Merupakan gerakan untuk mengendalikan bola dengan cara posisi tangan dibawah

Baca juga: Panduan Menghitung Biaya Membuat Lapangan Basket Indoor


Demikian pembahasan kita kali ini mengenai jenis-jenis karpet/lantai lapangan voli indoor/outdoor dan sedikit ulasan tentang sejarah bola voli serta tatacara bermainnya. Cukup sekian dan terimakasih.

Tanya Ahli Lantai Kayu
Scroll to Top