apa itu rumah knock down?

Inspirasi Rumah Kayu Knock Down, Bisa Bongkar Pasang!

Mengenal Rumah Knock Down – Mempunyai sebuah hunian dengan lahan yang cukup luas memang merupakan dambaan bagi setiap orang, terlebih lagi harga property saat ini sedang tinggi-tingginya.

Selain memerlukan luas tanah yang cukup namun dalam pembangunan rumah juga membutuhkan bahan material yang kokoh dengan budget yang lumayan besar.

Namun tahukah kalian, bahwasanya terdapat salah satu jenis hunian yang bisa di bongkar pasang yaitu rumah knock down. Pernah dengar sebelumnya?

Apa itu rumah knock down?

mengenal rumah knock down

Rumah knock down merupakan jenis bangunan yang dapat dibongkar pasang, biasanya hunian ini terbuat dari material kayu sebagai bahan dasarnya karena proses bongkar pasang lebih mudah. Namun terdapat juga beberapa rumah knock down yang memakai bahan baja ringan dan material logam.

Terdapat beberapa keunggulan dalam menggunakan rumah knock down, diantaranya yaitu :

Biaya produksi murah

Pada umumnya harga rumah tergantung dengan luas ukuran tanah, bahan dasar, model dan perhitungan lainnya. Sedangkan untuk membangun rumah knock down biaya produksinya relatif lebih terjangkau ketimbang rumah konvensional.

Tahan gempa

Meskipun konsep rumah knock down ini terkesan mudah ancur, namun nyatanya rumah bongkar pasang ini cukup kuat menahan guncangan gempa.

Hal ini karena sistem penyambungan material kayu yang saling berkaitan, sehingga ketika gempa datang rumah knock down ini hanya mengikuti guncungan tersebut.

Bisa pindah-pindah sesuai keinginan

Seperti yang kita ketahui, bahwasanya konsep rumah knock down dapat di bongkar dan di pindahkan sesuai dengan keinginan kita.

Memiliki kesan alami

Setiap hunian yang menggunakan material kayu memang mempunyai pandangan yang berbeda ketimbang memakai material lain. Kesan alami yang di hasilkan pada material kayu membuat hunian terasa natural, baik itu pada lantai, plafon, dinding atau pagar.

Baca juga : Mengenal Rumah Scandinavian

Jenis-jenis kayu untuk rumah bongkar pasang

Terdapat beragam jenis kayu yang sering dipakai untuk memenuhi berbagai keperluan di segala bidang, salah satunya pembuatan rumah knock down.

jenis-jenis kayu untuk rumah knock down

Biasanya jenis kayu yang digunakan dalam pembangunan rumah bongkar pasang/knock down di ambil dari daerah masing-masing. Seperti contohnya di Sumatera Selatan, Tanjung Batu. Memakai kayu seru, kayu meranti dan kayu puspa sebagai bahan materialnya.

Dan pada daerah Minahasa biasanya sering memakai olahan jenis kayu besi, nyatoh, kayu cempaka dan aliwowos. Bahkan tak jarang menggunakan jenis kayu lain sebagai alternatif pengganti.

Yang pasti, pembuatan rumah knock down memakai jenis kayu kelas 1 dan kayu kelas 2 sebab rata-rata kualitas dan karakteristiknya bagus.

Baca juga : Ini Dia Kayu Kelas 3 Untuk Furniture

Croos Laminated Timber (CLT)

CLT croos laminated timber

Selain kayu solid, terdapat juga yang menggunakan CLT atau croos laminated timber sebagai bahan material pembangunan rumah bongkar pasang.

CLT sendiri merupakan panel yang terdiri dari berbagai jumlah lapisan kayu yang ditumpuk melintang sekitar 90 derajat yang kemudian di rekatkan.

Selain menggunakan lem, untuk merekatkan kayu bisa juga menggunakan skrup dan paku kayu.

Baca juga : Harga Lantai Laminated

Harga rumah knock down

rata-rata harga rumah knock down

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa harga rumah bongkar pasang tidak akan melebihi harga rumah konvensional. Rata-rata harganya kurang lebih Rp 50 jutaan.

  • Rumah kayu knock down segitiga : 1 kamar tidur, 1 teras , luas 24 m2, ukuran 4 x 6 meter dan bahan kayu yang digunakan material kayu meranti atau seru. Harga rumah bongkar pasang ini sekitar Rp 65 jutaan.
  • Rumah kayu knock down segitiga 2 lantai : Spesifikasinya hampir sama dengan poin yang ke satu, hanya saja luasnya lebih besar yaitu 40 m2 dan ukurannya 5 x 8 meter serta memakai material kayu kelas 1 dan kelas 2. Harga rumah bongkar pasang ini dibandrol sebesar Rp 95 jutaan.
  • Rumah kayu knock down panggung limas : 1 ruang keluarga, 1 teras, 1 ruang tamu dan 2 kamar tidur, ukurannya 6 x 9 meter sedangkan luasnya sekitar 54 m2. Pakai kayu meranti merah atau kayu seru. Harganya rumah knock down ini sekitar Rp. 111 jutaan.

Harga rumah bongkar pasang diatas merupakan harga standar, namun akan berbeda jika fasilitas yang disediakan jauh lebih bagus, luas dan jenis kayu apa yang digunakan.

Baca juga : Mengenal Konsep Rumah Industrial

Model rumah kayu knock down

Terdapat beberapa model atau desain yang bisa kalian terapkan jika ingin membangun sebuah rumah bongkar pasang atau konsep knock down. Berikut ini :

1. Rumah adat tradisional

konsep rumah adat panggung

Banyak rumah adat yang ada di Indonesia yang mengusung konsep knock down, hal ini dikarenakan letak geografis Indonesia sendiri yang di pengaruhi oleh jenis-jenis kayu berkualitas dengan kontur tanah yang bergelombang.

2. Rumah bilik kayu

konsep rumah ala pedesaan

Salah satu model rumah yang sering kita jumpai di daerah pedesaan ini umumnya tidak secara keseluruhan terbuat dari bilik bambu, namun sebuah rumah kayu yang dikombinasikan dengan bilik bambu pada bagian dindingnya.

3. Desain rumah kayu kotak

model rumah kayu kotak

Konsep rumah bongkar pasang yang satu ini bergaya balok dengan sudut 90 derajat, keunikan dari model ini memperlihatkan gaya rumah modern tanpa menghilangkan kesan natural karena unsur kayu yang digunakan.

Baca juga : Desain Rumah Kayu Ala Eropa

Demikian ulasan kita kali ini mengenai rumah knock down atau rumah bongkar pasang, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat ya. Cukup sekian dan terimakasih.

Tanya Ahli Lantai Kayu
Scroll to Top